13 Prodi FITK UIN SU Medan Lakukan Kunjungan Benchmarking ke UPI Bandung: Pertukaran Wawasan Pendidikan yang Menginspirasi

Bandung – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN)Sumatera Utara (SU) Medan membangun kolaborasi pendidikan yang kuat dengan mengadakan kunjungan benchmarking ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada Kamis, 24 Agustus 2023. Dekan FITK UIN SU Medan dan sebanyak 13 Kepala Program Studi (Kaprodi) dari FITK UINSU Medan diterima dengan hangat sebagai tamu istimewa di UPI Bandung.

Ke-13 Prodi tersebut terdiri dari S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S2 Pendidikan Agama Islam (PAI) , S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), S1 Pendidika Gutu Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), S1 Tadris Biologi (TBIO), S1 Tadris Bahasa Inggris (TBI), S2 Tadris Bahasa Inggris (TBI), S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), S1 Pendidikan Matematika (PMM), S1 Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), dan S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS).

Para Kaprodi dari FITK UINSU Medan memiliki kesempatan unik untuk mendalami praktik terbaik dalam pengelolaan program studi, strategi pengajaran modern, serta pengembangan kurikulum yang responsif terhadap tuntutan zaman. Dalam suasana diskusi yang produktif, mereka menyimak dengan seksama pengalaman dan pandangan dari pihak UPI Bandung. Pertukaran ide dan inspirasi dalam bidang pendidikan memberikan pencerahan baru dan melahirkan potensi kolaborasi yang lebih dalam untuk memajukan pendidikan di tingkat nasional.

Pertukaran cendera mata menjadi momen yang merefleksikan semangat saling mendukung dan kerjasama antara FITK UINSU Medan dan UPI Bandung. Keakraban yang dijalin melalui pertukaran canda tawa menjadi bukti nyata bahwa kunjungan ini bukan hanya tentang pertukaran wawasan akademik, tetapi juga mengenai membangun relasi yang kuat antara kedua institusi. Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama, mengabadikan momen bersejarah dalam upaya kolaborasi yang dilakukan oleh kedua fakultas. Melalui langkah-langkah konstruktif semacam ini, diharapkan kedua belah pihak akan terus saling menginspirasi dan berkembang dalam dunia pendidikan.