Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris

Medan, FITK UIN Sumatera Utara – Program Studi (Prodi) Magister Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (SU) Medan pada tahun 2023 ini mengajukan Akreditasi Prodi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (Asesmen Lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2023 secara daring.

Para asesor melakukan proses asesmen lapangan (AL) secara daring dilakukan berdasarkan surat tugas dari BAN-PT dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan. Tim akreditasi dari Magister Tadris Bahasa Inggris beserta tenaga kependidikan FITK yang menyediakan semua dokumen terkait telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses asesmen lapangan secara daring ini.

Kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dimana para asesor melakukan asesmen dari tempatnya masing-masing sedangkan Tim dari Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris bersama-sama menerima visitasi secara daring ini dari Ruang Rapat Aula lantai 1 FITK.

Asesor yang ditugaskan melakukan asesmen lapangan adalah  Dr. Meinarni Susilowati, M. Ed yang berasal dari UIN Maulana Malik Ibrahim  Malang dan Prof. Dr. Jauharoti Alfin, S. Pd, M. Si. Yang berasal dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Kedua asesor tersebut sangat detail mengupas dokumen akreditasi yang telah disiapkan oleh Prodi terutama terkait bidang akademik.

Kegiatan Hari pertama asesmen lapangan dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Rektor UIN Sumatera Utara Medan yang diwakilkan oleh Wakil Rektor  I  Prof. Dr. Hasan Asari, MA kemudian Dekan FITK Dr. Mardianto, M.Pd, dilanjutkan dengan sesi bersama Pimpinan Unit Pengelola Prodi, Mitra, mahasiswa dan pengguna lulusan.

Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari tersebut.