Mengukir Jejak Internasional: Prodi PIAUD FITK UINSU Medan Berkolaborasi di Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia – Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan, telah sukses melaksanakan kunjungan ilmiyah dan Pengabdian Masyarakat (PEMA) kolaborasi internasional di Malaysia.

Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka memperluas jejaring akademik dan meningkatkan kualitas pendidikan Islam anak usia dini ini berlangsung dari tanggal 27 hingga 28 Juni 2024. Delegasi yang terdiri dari para dosen diantaranya Dr. Ahmad Syukri Sitorus, M.Pd, Prof. Dr. Masganti Sit, M.Ag, Sri Wahyuni, M.Psi dan para mahasiswa diantaranya Arifin Muhammad dan Putri Aulia dari Prodi PIAUD FITK UINSU dipimpin oleh Prof. Dr. Khadijah, M.Ag., Ketua Prodi PIAUD FITK UINSU Medan.

Kunjungan ilmiyah dan PEMA kolaborasi internasional di Malaysia ini melibatkan beberapa lembaga pendidikan Islam terkemuka di Malaysia, antara lain Sekolah Tadika Mutiara Hati, Sanggar bimbingan (SB) Kamus Gombak Utara Malaysia dan pusat pedagogi, penyelidikan dan inovasi (CPRI) UPSI. Selama kunjungan, delegasi Prodi PIAUD FITK UINSU Medan mengadakan serangkaian kegiatan, termasuk seminar, penelitian bersama, pengabdian masyarakat dan penerbitan jurnal bersama dengan topik-topik terkait inovasi dalam pendidikan Islam anak usia dini, kurikulum terbaru, serta pengembangan profesionalisme guru.

Kepala sekolah Tadika Mutiara Hati, Ibu Angel Syafriani merasa sangat senang dengan kehadiran delegasi Prodi PIAUD FITK UINSU Medan ke sekolah mereka. “Kegiatan ini dilakukan agar dapat berbagi ilmu dan pengalaman dalam peningkatan kulitas pembelajaran anak usia dini dari masing-masing lembaga” Ujar Kepsek sekolah Tadika Mutiara Hati.

Sementara Pengurus SB Kamus Gombak Utara Malaysia, Bapak Muhammad Rifai menyatakan, “SB Kamus Gombak Utara merupakan sekolah binaan yang memberikan pendidikan kepada anak Indonesia yang berada di Malaysia. SB ini merupakan sekolah dibawah naungan kedutaan Indonesia di Malaysia. Kegiatan PEMA mahasiswa Internasional bertujuan untuk menambah dan berbagi pengalaman mahasiswa dalam nuansa baru pembelajaran di luar negeri” Tukasnya.

Adapun Bapak Dr. Mohd Razimi Husin dari pusat pedagogi, penyelidikan dan inovasi (CPRI) UPSI menyampaikan “Harapannya agar kegiatan yang telah disepakati dapat direalisasikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian serta inovasi pendidikan” Tegasnya.

Selain kegiatan akademik, delegasi juga menjalankan program kunjungan ke lembaga pendidikan Islam lokal di Kuala Lumpur untuk mempelajari praktik terbaik dalam pengelolaan pendidikan Islam anak usia dini di Malaysia. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih baik di FITK UINSU Medan.

Ketua Prodi PIAUD FITK UINSU Medan, Prof. Dr. Khadijah, M.Ag setelah kunjungan menyampaikan “Kunjungan ilmiyah dan PEMA kolaborasi internasional ini menjadi langkah strategis bagi Prodi PIAUD FITK UINSU untuk mendapatkan wawasan baru dalam pendidikan Islam anak usia dini, serta memperkaya pengetahuan dosen dan mahasiswa melalui pertukaran pengalaman dan penelitian bersama dengan institusi-institusi terkemuka di Malaysia.” Katanya.

Kunjungan dan PEMA kolaborasi internasional di Malaysia ini juga merupakan langkah awal yang penting bagi Prodi PIAUD FITK UINSU dalam menjalin kemitraan strategis dengan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan Islam di Asia Tenggara. Diharapkan kerja sama ini tidak hanya akan membawa manfaat bagi UINSU, tetapi juga bagi pengembangan pendidikan Islam anak usia dini secara lebih luas di Indonesia.