10 Juni 2021 16:38 wib
  • fitk

MEDAN - Penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan Pemkab Batu Bara, menyasar bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Kolaborasi dua pihak ini di antaranya akan membangun perpustakaan terapung hingga pengembangan wisata halal.

MoU antara UIN Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Batubara dalam rangka pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Insyaallah akan segera dibangun Perpustakaan Terapung. UINSU juga mendorong potensi wisata halal untuk dikembangkan di sepanjang Pantai Kabupaten Batubara.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UINSU, Dr Hasan Sazali, MA, menambahkan, pihaknya menjadi leading sector dalam kerjasama ini. "Sesuai arahan Rektor UINSU untuk akreditasi unggul dan universitas kelas dunia, kami optimis kerjasama ini dapat mendukung rencana besar tersebut," ujarnya, kemarin.

Hasan mengatakan, dalam MoU tersebut diturunkan dengan Perjanjian Kerjasama antara LPPM UINSU dengan delapan OPD Pemkab Batu Bara. Di mana kemarin, perjanjian itu diwakili secara simbolik oleh Kadis Pendidikan Batu Bara, Ilyas Sitorus.

Delapan OPD yang akan bekerjasama secara khusus dengan LPPM UINSU yakni Dinas Pendidikan; Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata; Dinas Koperasi dan UKM; Dinas PP dan KB; Dinas PMPD, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Kesbangpol.

"Di Dinas Pendidikan, InsyaAllah dalam waktu dekat akan dibangun dua perpustakaan terapung di Tanjung Tiram. Kami yakin ini akan mendorong peningkatan sumber daya manusia untuk Batu Bara Maju dan Sejahtera," bebernya.

Sementara untuk OPD lain, nantinya bentuk aksi akan disesuaikan dengan kebutuhan. Misal di Dispora Budpar, kami akan menginisiasi potensi Wisata Halal di Batu Bara. Karena wilayah ini dikenal punya garis pantai dan wisata laut yang potensial.

"Tentu saja nanti UINSU, LPPM dan 8 fakultas yang dimiliki UINSU akan bersinergi memaksimalkan kerjasama di semua bidang yang sudah dijalin dengan Pemkab Batu Bara ini," pungkas Hasan.(*)